Menjadi yang terbaik merupakan amanah yang harus dilakukan dalam hidup dan kehidupan seorang manusia karena kita dilahirkan memang untuk jadi yang terbaik oleh Allah SWT yakni sebagai kalifah di muka bumi ini serta paling sempurna dari sekian banyak makluk ciptaan Allah. Maka Jadilah yang terbaik.......YES...

Kamis, 11 Agustus 2011

BALAI DIHULU SITUJUAH BANDA DALAM


Balai di Hulu terletak di Nagari Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari sekitar 20 km dari Kota Sarilamak atau 10 km dari Kota Payakumbuh. Balai di hulu berfungsi untuk menyelesaikan perselisihan dalam Luhak Limapuluah, penyelesaian ini dipimpin oleh Dt. Marajo Simagayua suku Pitopang dalam Nagari Situjuah Banda Dalam.
Dt. Marajo Simagayua dibantu oleh Dt. Rajo Lelo Nan Gadang berkedudukan di atas baliang, berdua dengan anaknya nan gadang di atas patapaan, Dt.Paduko Tuan Nan Gadang di atas Surau nan bernama Imam Maliki. Dt. Simulie dari Gadut Tebing Tinggi, Dt.Paduko Alam di Ampalu, Dt. Rajo Mudo dari Halaban, Dt.Rajo Dubalang dari Ujuang Aua Tanah Bamungguak.
Wilayah Hulu ialah yang berjenjang ke Ladang Laweh,berpintu ke Sungai Patai, selingkar Gunung Sago dari tanah bermungguk mudik sampai Bobai Koto Tinggi Hilir, itulah yang dinamakan orang “Salareh Gunuang” yaitu Bobai Koto Tingi Hilir sampai Labuah Gunuang Mudik dan hilirnya sampai ke Balai Koto Tinggi. Yang memegang pimpinan ulayat Hulu adalah Dt.Marajo Simagayua yang berkedudukan di Situjuah Banda Dalam yang disebut juga Pamuncak Adat.  
Luhak Limopuluah terdiri dari 5 (lima) ulayat Hulu,Luhak, Lareh, Ranah dan Sandi .
            Lima ulayat  yang dipimpinan dengan sebutan rajo. Ulayat Limo Rajo adalah :
1.    Datuak Marajo Simagayua dari Pitapang Situjuah Banda Dalam adalah Rajo di Hulu
2.    Datuak Rajo Indo nan Mamangun dari Aia Tabik adalah Rajo di Luhak
3.    Datuak Paduko Marajo dari Sitanang Muaro Lakin adalah Rajo di Lareh
4.    Datuak Bandaro Hitam dari Payobada Talago Gantiang adalah Rajo di Ranah
5.    Datuak Permato Alam Nan Putiah dari Si Pisang Koto Nan Gadang adalah Rajo di Sandi
Luhak Limopuluah juga mempunyai Kunci Pasak, masing-masing kunci pasak mengandung fungsi dan peranan yang sifatnya menjaga-jaga.

1.    Pasak Jalujua bernama Pamuncak Adat di Situjuah. Fungsinya adalah apabila ada aturan adat dan limbago ataupun titah dari Basa Ampek Balai Pagaruyuang.Pangulu pasak jalujua adalah Dt.Munsahik dengan dubalangnya Dt. Sipado Nyalo, pegawainya Sati Dirajo.

2.    Pasak Ampang Baramban Basa bernama Dindiang Tambago di Sitanang Muaro Lakin. Di Aur Tanah Bamungguak. Berfungsi untuk menghambat kalau ada yang hanyut dari hulu , kalau ada perempuan berjalan sendiri supaya dipintasi. Penjabat sepanjang adat di Baramban Basa Pangulu kebesarannya adalah Dt.Rajo Dubalang , dengan dubalangnya adalah  Dt. Cumano dengan pegawainya adalah Si Kareh Hati dengan imbauan Si Malancang Kuniang.


3.    Pasak Kunci Loyang di Tarantang Sarilamak. Berfungsi untuk menghambat upeh dan racun, penahan pukau dan sihir, yang datang dari kampar kiri dan kampar kanan untuk tidak dapat masuk ke Luhak Limopuluah. Pangulu kebesarannya adalah Dt. Sinaro Garang, dengan dubalangnya Malendo Gadang Tulang, dengan pegawainya Si Manguncang Alam.


4.    Pasak Hulu bernama Kungkuang Parangkok di Koto Laweh, berguna menghambat musuh dari luar yang datang melalui Rao Simalungun jangan sampai masuk ke LuhaklimopuluhPenghulu di Pasak Kungkuang adalah Dt. Marajo Indo, dengan dubalangnya Tunadue Sangik Iduang, dengan pegawainya Si Magiang Sati. Berkedudukan juga Dt.Rajo Endah di Pandam Gadang dan Dt. Langka Basa di Baruah Gunuang yang menguasai Koto Nan Sapuluah dari Siamang Bunyi Hilir hingga Sungai Siriah Mudiak .
5.      Pasak Kunci Basi  bernama Ampang Panginang di Sariak Laweh berfungsi untuk menghambat  orang yang datang dari mudik yang ingin masuk ke Luhak Limopuluah yang akan mengacau.  Pangulunya adalah Dt. Rajo Mangkuto, dubalang bernama Si Sanggak Labiah, pegawainya Dt. Panjang Aka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar