Menjadi yang terbaik merupakan amanah yang harus dilakukan dalam hidup dan kehidupan seorang manusia karena kita dilahirkan memang untuk jadi yang terbaik oleh Allah SWT yakni sebagai kalifah di muka bumi ini serta paling sempurna dari sekian banyak makluk ciptaan Allah. Maka Jadilah yang terbaik.......YES...

Sabtu, 24 Desember 2011

KELEMBAGAAN ADAT BASANDI SYARAK


            ‘Adat basandi syarak” adalah siapa yang memiliki otoritas nilai nilai dasar adapt basandi syarak itu. Dalam hal ini dapat kita simak ungkapan adapt yang selalu disajikan oleh ninik mamak dalam setiap acara adat: “penghulu nan babudi, mati nan baraka, dubalang nan tau  mungkin jo patuik, mualim nan baulemu” artinya otoritas budi dimiliki oleh penghulu, lalu apa budi, bagaimana cirri orang berbudi, dikatakan oleh ninik mamak, bahwa penghulu nan babudi adalah “ mamancuang indak putuih, manabang indak rabah”, artinya orang tidak akan tersinggung dengan ucapannya, karena ucapannya tidak menjatuhkan pilihan alternative, benar atau salaholeh karena selalu mempertimbangkan affeksi (perasaan) orang lain jangan tersinggung oleh ucapannya. Hal ini dikatakan semacam “kato pusako” . lalu bagaimana “manti nan baraka”, manti adalah pegawai pembantu penghulu atau dalam bahasa Minangkabau disebut sebagai “panungkek penghulu”. Setipa tindakannya memerlukan sudi dan siasat, dicari sebab musabanya melalui musyawarah dan mufakat, sehingga gak ada keputusan alternative tentang benar dan salah. Begitu juga halnya dengan dubalang nan tau mungkin jo patut, kalau dua orang kemenakan berbeda pendapat kemudian dikadukan kepada dubalang, maka jawaban dubalang adalah” indak patuik wa ang bacakak, sabab kaduo wa ang bainduak babako” artinya kedua orang itu mempunyai ikatan darah, dimana kalau perbedaan pendapat ini diteruskan akan menyebabkan rusaknya hubungan silaturahmi kedua orang tersebut. Selanjutnya “mualim nan tau”, artinya kalau ada dua kelompok yang berbeda pandangan sehingga timbul konflik pribadi akibat perbedaan itu, maka mualim mencari kebenarannya dengan norma/kaidah dan dalil. Maka kesimpulannya adat Minangkabau mengatakan dfengan sebutan :koto nan ampek” : kato pusako (penghulu), kato mufakat (manti), kato mahimbau (dubalang) dan kato badaulat untuk tuanku (mualim).
            Adagium syarak pun tidak luput dari uraian di atas misalnya dikatakan: imam nan tau hakikat, katik nan tau jo tharikat, angku kadi nan tau jo syari’at, angku bilal nan tau ko makrifat.
            Maka lahirlah dua lembaga adapt basandi syarak, syarak basandi kitabullah, Pertama  disebut dengan urang ampek jinih yaitu: penghulu, manti, mualim (tuanku) dan dubalang. Kedua disebut dengan urang jinih nan ampek yaitu imam, katik, kadi dan bilal. Kedua bentuk lembaga ini mutlak harus ada dalam suatu nagari.
            Kalau diatas tadi sudah kita bicarakan tentang orang yang mempunyai fungsi jabatannya seperti nan babudi penghulu, nan baraka manti, nan tau jo ulemu mualim, mungkin dan patuik adalah dubalang, maka begitu juga tentang syarak nan ampek, yaitu hakikat, tharikat, makrifat dan syariat, juga demikian halnya: imam nan bahakikat, katik jo tasaufnyo, bilal jo makrifatnyo dan angku kadi jo syari’atnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar