‘Adat basandi
syarak” adalah siapa yang memiliki otoritas nilai nilai dasar adapt basandi
syarak itu. Dalam hal ini dapat kita simak ungkapan adapt yang selalu disajikan
oleh ninik mamak dalam setiap acara adat: “penghulu nan babudi, mati nan baraka,
dubalang nan tau mungkin jo patuik,
mualim nan baulemu” artinya otoritas budi dimiliki oleh penghulu, lalu apa
budi, bagaimana cirri orang berbudi, dikatakan oleh ninik mamak, bahwa penghulu
nan babudi adalah “ mamancuang indak putuih, manabang indak rabah”, artinya
orang tidak akan tersinggung dengan ucapannya, karena ucapannya tidak
menjatuhkan pilihan alternative, benar atau salaholeh karena selalu
mempertimbangkan affeksi (perasaan) orang lain jangan tersinggung oleh
ucapannya. Hal ini dikatakan semacam “kato pusako” . lalu bagaimana “manti nan
baraka”, manti adalah pegawai pembantu penghulu atau dalam bahasa Minangkabau
disebut sebagai “panungkek penghulu”. Setipa tindakannya memerlukan sudi dan
siasat, dicari sebab musabanya melalui musyawarah dan mufakat, sehingga gak ada
keputusan alternative tentang benar dan salah. Begitu juga halnya dengan
dubalang nan tau mungkin jo patut, kalau dua orang kemenakan berbeda pendapat
kemudian dikadukan kepada dubalang, maka jawaban dubalang adalah” indak patuik
wa ang bacakak, sabab kaduo wa ang bainduak babako” artinya kedua orang itu
mempunyai ikatan darah, dimana kalau perbedaan pendapat ini diteruskan akan
menyebabkan rusaknya hubungan silaturahmi kedua orang tersebut. Selanjutnya
“mualim nan tau”, artinya kalau ada dua kelompok yang berbeda pandangan
sehingga timbul konflik pribadi akibat perbedaan itu, maka mualim mencari
kebenarannya dengan norma/kaidah dan dalil. Maka kesimpulannya adat Minangkabau
mengatakan dfengan sebutan :koto nan ampek” : kato pusako (penghulu), kato
mufakat (manti), kato mahimbau (dubalang) dan kato badaulat untuk tuanku
(mualim).
Adagium syarak pun
tidak luput dari uraian di atas misalnya dikatakan: imam nan tau hakikat, katik
nan tau jo tharikat, angku kadi nan tau jo syari’at, angku bilal nan tau ko
makrifat.
Maka lahirlah dua
lembaga adapt basandi syarak, syarak basandi kitabullah, Pertama disebut dengan urang
ampek jinih yaitu: penghulu, manti, mualim (tuanku) dan dubalang. Kedua disebut dengan urang jinih nan
ampek yaitu imam, katik, kadi dan bilal. Kedua bentuk lembaga ini mutlak harus
ada dalam suatu nagari.
Kalau diatas tadi
sudah kita bicarakan tentang orang yang mempunyai fungsi jabatannya seperti nan
babudi penghulu, nan baraka manti, nan tau jo ulemu mualim, mungkin dan patuik
adalah dubalang, maka begitu juga tentang syarak nan ampek, yaitu hakikat,
tharikat, makrifat dan syariat, juga demikian halnya: imam nan bahakikat, katik
jo tasaufnyo, bilal jo makrifatnyo dan angku kadi jo syari’atnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar